Home News 5 Tips Simple Membuat Foto Bidikan iPhone Kamu Makin Kece

5 Tips Simple Membuat Foto Bidikan iPhone Kamu Makin Kece

513
SHARE
Hasil foto Leading lines
Hasil foto Leading lines | Foto : iPhone Photography School

Cocotbocol.com – Meski hanya sebuah ponsel, namun perangkat Apple iPhone merupakan salah satu smartphone yang paling banyak digunakan para penggila foto untuk mengabadikan setiap momen berharga yang mereka miliki. Bahkan banyak dari para pengguna ponsel pintar besutan vendor asal Amerika Serikat ini yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang begitu bagus layaknya para pengguna perangkat kamera DSLR. Hanya saja, tak semua orang yang menggunakan smartphone iPhone mampu menghasilkan foto seperti yang mereka lihat karena untuk membuat sebuah foto yang berkualitas memang diperlukan keterampilan fotografi yang baik.

Namun dilansir dari halaman iphonephotographyschool.com, untuk mendapatkan sebuah hasil foto yang bagus hanya dengan menggunakan iPhone tidaklah susah karena anda hanya perlu memahami pengaturan soal fokus, exposure dan juga beberpa pengaturan lainnya. Nah sesuai dengan kutipan yang kami dapat dari laman sumber diatas, jika anda ingin mendapatkan kualitas foto dengan perangkat iPhone begitu sempurna, mungkin anda harus mengikuti beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghasilkan foto bagus dengan iPhone. Tanpa panjang lebar, berikut adalah 5 tips yang bakal buat foto kamu lebih kece dengan iPhone.

5 Tips Simple Membuat Foto Bidikan iPhone Kamu Makin Kece

Hasil foto dengan Fokus
Hasil foto dengan Fokus | Foto : iPhone Photography School

1. Bersihkan Lensa Kamera iPhone dan Fokus

Seperti kita ketahui bersama, menjadi sebuah perangkat ponsel genggam tentu saja intensitas penggunaannya pun lebih tinggi dibandingkan dengan perangkat lain. Bahkan tak jarang kita seringkali meletakan smartphone kita di berbagai tempat seperti didalam saku, didalam tas, atau hanya dipegang. Hal ini seringkali membuat kamera yang ada pada perangkat iPhone cepat sekali kotor. Dan dengan kotornya lensa kamera yang ada pada iPhone, sudah pasti membuat kita tak akan bisa mengambil foto dengan kualitas yang jelas dan jernih, karena cahaya yang akan masuk tak begitu banyak. Beda halnya ketika lensa dalam keadaan bersih. Untuk itu anda perlu membersihkan lensa kamera tersebut sebelum menggunakannya.

Baca Juga :  Inilah Penampakan Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL

Selain harus membersihkan lensa kamera dari debu atau kotoran lain dengan menggunakan kain halus agar iPhone dapat menghasilkan foto yang begitu jelas dan jernih, anda juga diharuskan untuk selalu membersihkan fitur fokus yang disediakan Apple untuk bisa menghasilkan foto dengan kualitas bagus. Dimana untuk melakukan hal tersebut tidaklah susah, karena anda hanya perlu tap pada layar subjek yang ada didalam frame yang kemudian akan muncul sebuah kotak kuning kecil yang dimaksudkan untuk memastikan titik fokus. Dan jika subjek berpindah, tap lagi pada onjek sebelum anda memotretnya. Dan jika ingin menghasilkan efek blur anda juga bisa menggunakan aplikasi lain.

Memanfaatkan fitu exposure pada iPhone
Memanfaatkan fitu exposure pada iPhone | Foto : iPhone Photography School

2. Sesuaikan Exposure Secara Manual

Buat anda yang sudah paham akan setingan manual sebuah kamera, tentu bukanlah hal yang aneh ketika mendengar Exposure. Salah satu fitur yang seringkali digunakan para pengguna kamera untuk mengatur cahaya yang masuk ke medium (film atau sensor gambar) saat mengambil sebuah foto. Sederhananya, Exposure itu mengacu pada seberapa terang dan gelapanya foto. Nah bagi anda para pengguna perangkat Apple device khususnya iPhone, anda dapat menggunakan fitur ini disaat anda ingin menghasilkan foto dengan kualitas yang jelas dan jernih.

Caranya pun tidaklah susah atau pun sulit, yang harus anda lakukan hanyalah mengatur intensitas cahaya yang ingin anda masukan dalam sebuah foto. Hal ini dapat anda lakukan dengan menaikan atau menurunkan tool exposure yang disediakan Apple persis disebelah kotak kuning kecil yang muncul sesaat anda men-tap objek foto yang ingin di bidik. Dan dengan menggunakan tool exposure ini, anda pastinya akan bisa mengatur seberapa banyak masukan cahaya yang ingin anda dapatkan disaat anda melakukan pemotretan menggunakan Apple iPhone. Tips yang sangat sederhana ini tentu akan bisa membuat hasil foto yang lebih bagus.

Baca Juga :  12 Foto Nella Kharisma Sebelum Tenar Sampai Sekarang, Nomer 11 Bikin Sakit Hati
Contoh hasil foto tanpa zoom, tapi di-crop
Contoh hasil foto tanpa zoom, tapi di-crop | Foto : iPhone Photography School

3. Jangan Gunakan Fitur Zoom

Salah satu hal yang seringkali kita pakai saat memotret dengan iPhone adalah fitur zoom, dimana fitur ini memang akan dapat membuat hasil foto lebih dekat dibandingkan dengan objek aslinya. Akan tetapi, perlu juga anda ketahui dimana ketika anda menggunakan fitur ini, hasil foto yang akan anda dapatkan kurang bagus. Untuk itu tips membuat foto bidikan iPhone kamu makin kece yang selanjutnya adalah jangan gunakan fitur Zoom disaat memotret dengan iPhone.

Lalu bagaimana ketika kita ingin menghasilkan foto baik dengan objek yang jauh? Salah satu cara yang di sarankan dari laman iPhone Photography School adalah, dekati objek tersebut agar hasil yang diperoleh pun menjadi jelas. Selain tidak menggunakan fitur digital zoom yang disediakan Apple, anda juga bisa menggunakan alternatif lain dengan melalukan cropping (memotong foto) disaat anda mengedit foto yang anda ambil agar hasil yang anda inginkan jauh lebih jelas dan jernih.

Hasil foto rule of thirds
Hasil foto rule of thirds | Foto : iPhone Photography School

4. Komposisi Rule of Thirds dan Leading Lines

Para penggila fotografi pastinya sudah tak asing lagi dengan Rule of Thirds yang merupakan suatu komposisi didalam dunia fotografi yang bisa dibilang menjadi pondasi untuk keseimbangan elemen foto. Dan hal ini juga perlu untuk anda kuasai disaat menggunakan iPhone dengan mengaktifkan fitur grid, karena selain memanfaatkan fitur focus dan juga exposuer, pada rule of thirds anda juga harus bisa membagi tiga bagian sama besar sebuah objek baik secara vertikal ataupun secara horisontal sehingga menghasilkan 9 area yang sama untuk mendapatkan empat titik pertemuan yang harus anda isi dengan elemen penting.

Meski fitur ini seringkali tidak di hiraukan para pengguna iPhone saat mengambil foto. Namun anda juga masih bisa menghasilkan sebuah gambar begitu sempurna hanya dengan menggunakan iPhone dengan mempraktekan leading line yang merupakan komposisi lain dalam dunia fotografi. Dimana dengan menggunakan komposisi ini, orang yang melihat hasil foto yang anda peroleh terfokus pada subjek utama dan mengarah lebih dalam pada sebuah foto. Leading line sendiri bisa dibilang merupakan garis didalam foto yang mengarahkan mata penonton pada sebuah objek. Dalam lingkungan, kita banyak menemukan leading line seperti jembatan, pagar, garis pantai dan rel kereta api.

Baca Juga :  Cantiknya Kekasih Chef Juna, Ini Dia 10 Potret Atries Angle
Hasil foto dengan menggunakan fitur Black and White
Hasil foto dengan menggunakan fitur Black and White | Foto : iPhone Photography School

5. Eksplorasi Berbagai Fitur yang Ada

Didalam mengambil sebuah foto dengan objek bagus namun memiliki latar belakang yang cukup berantakan serta memiliki warna yang mengganggu adakah cara untuk menangani hal seperti ini? Jawabannya tentu saja ada, salah satu cara simple untuk membuat hasil foto dengan objek tersebut adalah membuat foto dengan memilih model Black and White (BW). Dengan begitu foto tidak akan kalah pamor dari latar belakangnya. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan model panorama jika ingin menghasilkan gambar dengan pemandangan yang lusa.

Adapun untuk hasil yang lebih maksimal disaat mengambil foto dengan menggunakan iPhone, anda juga diharuskan untuk bisa mengambil sudut atau angle dan jaral yang berbeda. Dan disarankan pula jika anda ingin mengedit foto janganlah menggunakan terlalu banyak aplikasi karena hasil yang akan diperoleh justru terlihat aneh. Itulah beberpa tips simple membuat foto bidikan iPhone kamu makin kece. Semoga bisa bermanfaat.

Komentar