Home Health 6 Alasan Mengapa Seseorang Sulit Untuk Berhenti Makan

6 Alasan Mengapa Seseorang Sulit Untuk Berhenti Makan

321
SHARE
6 Alasan Mengapa Seseorang Sulit Untuk Berhenti Makan
6 Alasan Mengapa Seseorang Sulit Untuk Berhenti Makan : Foto : shutterstock.com

Cocotbodol.com – Menikmati kelezatan setiap makanan yang ada didepan mata seringkali membuat kita sedikit terlena hingga membuat kita menyantap makanan dengan jumlah yang tak biasa. Wajar saja jika kita menyantap makanan yang memiliki rasa begitu lezat, karena naluri manusia untuk makan bukanlah hal yang salah. Akan tetapi banyak juga dari mereka yang ingin mencoba untuk menjaga gaya hidup serta pola makan mereka ke arah yang lebih teratur untuk keperluan kesehatan atau yang lainnya, sehingga mau tak mau mereka harus mengurangi porsi makan meskipun sedikit memberikan kesan yang menyakitkan ketika didepan mereka disajikan makanan kesukaan ataupun makanan lezat.

Beragam alasan mungkin akan banyak kita dengar dari orang yang sedang menjalani diet sehat karena merkeka dianjurkan untuk bisa membatasi makanan yang di santap. Namun begitu, dengan anda sedikit mengetahui alasan mengapa makan lebih banyak dapat membatu anda mengidentifikasi perilaku yang anda lakukan, mungkin bisa memberikan gambaran untuk anda yang kini tengah menjalani aktifitas diet sehat. Nah bicara mengenai makanan yang mungkin seringkali menggugah selera dan nafsu makan, berikut ini ada beberapa alasan mengapa seseorang sulit berhenti makan yang belum anda ketahui.

6 Alasan Mengapa Seseorang Sulit Untuk Berhenti Makan

6 Alasan Mengapa Seseorang Sulit Untuk Berhenti Makan
6 Alasan Mengapa Seseorang Sulit Untuk Berhenti Makan : Foto : shutterstock.com

1. Makanan Sebagai Imbalan

Makanan memang bukan sesuatu yang asing bagi semua orang, namun apa jadinya jika mereka menganggap makanan itu sebagai imbalan? tentu saja banyak dari orang yang merasa lelah dengan aktivitas sehari-hari mereka di kantor ataupun di rumah berfikiran untuk segera mendapatkan imbalan sebuah makanan ataupun minuman. Hal tersebut wajar pastinya, akan tetapi, ketika sudah berhadapan dengan makanan dan minuman tersebut, bukan hanya menyantap yang sudah dihidangkan namun mereka seringkali lupa dengan kesehatan mereka sehingga mereka meminta lagi makanan dan minuman tersebut melebihi porsi.

Baca Juga :  LG Q6 Mulai Dijual di Indonesia, Harganya?

2. Tidak peduli

Yah, mengapa seseorang sulit berhenti makan? tentu saja karena mereka tidak peduli dengan diri mereka sendiri. Padahal jika mereka sedikit peduli dengan diri sendiri, bisa dipasrikan hidup yang akan dijalani mereka sedikit lebih enak dan nyaman. Hal ini memang merupakan hal yang cukup sulit untuk dilalui setiap orang, apalagi ketika mereka menemukan sebuah makanan yang dianggapnya begitu nikmat dan lezat namun didalam makanan tersebut banyak mengandung kalori, hal ini tentu saja akan menimbilkan masalah kelak ketika hal ketidak peduian tersebut terus anda lakukan.

Makanan Sebagai Imbalan
Makanan Sebagai Imbalan

3. Terlalu keras pada diri sendiri

Bagi anda yang sedang menjalani diet sehat, tentu saja akan sangat frustasi ketika melihat timbangan berat badan tidak menunjukan sesuatu yang signifikan. Dan terkadang tingkat frustasi tersebut membuat anda justru sedikit terlalu keras pada diri sendiri dan mengakibatkan usaha anda untuk diet sehat terganggu. Hal ini tentu sangat berakibat fatal pada kesehatan anda. Dan hal ini pulalah yang membuat seseorang sulit berhenti makan, karena usaha yang mereka lalukan untuk diet sehat tak kunjung mendapatkan hasil yang memuaskan

4. Terlalu sering makan diluar

Anda sering menyantap makanan cepat saji di luar rumah? Yah, alasan mengapa seseorang sulit berhenti makan adalah mereka sudah tercandu nikmat atau lezatnya makanan cepat saji yang mereka peroleh di luar rumah. Apalagi ketika anda sedang bepertian menemukan sebuah restaurant yang menyajikan sebuah promo menarik, pastinya naluri untuk mencoba dan mencicipi makanan cepat saji tersebut akan meningkat. Bahkan banyak dari mereka yang seakan tak perduli dengan diri mereka dengan memesan begitu banyak menu makanan cepat saji mengingat mereka akan mendapatkan promo yang begitu menarik.

Baca Juga :  Xiaomi Mi Notebook Pro, Ringan dan Mumpuni
Distraksi
Distraksi

5. Distraksi

Melakukan banyak hal saat makan, disebut akan dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menangkap jumlah makananyang masuk ke dalam perut. Hal sepele yang mungkin seringkali dilakukan banyak orang ketika makan adalah menggenggam smartphone, ataupun menonton televisi. Hal ini pulalah yang seringkali membuat seseorang sulit untuk berhenti makan, karena setiap kali makanan yang mereka santap masih terasa kurang dan membuat anda tidak sadar memakan makanan lebih banyak. Dan hal ini sudah dibuktikan oleh beberpa alhi dalam bidang kesehatan dan juga dalam bidang makanan.

6. Lelah

Menjalani aktifitas padat dan tinggi diluar rumah memang seringkali membuat tubuh merasa lelah dan letih. Salah satu penyembuh rasa lelah dan letik tentu saja istirahat, akan tetapi banyak orang yang menganggap istirahat akan membuang waktu mereka sehingga sedikit melalaikan isitirahat dan lebih mementingkan untuk makan dalam jumlah banyak sekaligus. Bahkan dari studi kasus yang dilakukan tahun 2013 lalu dan di publikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menyatakan jika banyak dari orang yang merasa lelah dan kurang waktu istirahat akan mengonsumsi kalori hinga 5% lebih banyak dalam satu hari. Dengan demikian pastinya hal ini juga menjadi alasan mengapa seseorang sulit untuk berhenti makan bukan?.

Komentar