Home Inspiratif Woww, Ini Dia Kebudayaan Indonesia Yang Mendunia

Woww, Ini Dia Kebudayaan Indonesia Yang Mendunia

765
SHARE
7 Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia
7 Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia

Cocotbodol.com – Kaya akan budaya, itulah Indonesia, negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa ini memiliki warisan budaya berbeda tiap daerahnya. Namun ada beberapa budaya yang dari dulu kala hingga sekarang ini masih terus bertahan sekalipun telah tergerus zaman. Bahkan sangkin populernya, bukan hanya orang asli tanah air yang mengembangkan, akan tetapi orang luar negri sengaja datang ke negri kita ini untuk mempelajari dan memperdalam yang kita miliki.

Namun sebaliknya, kita sebagai orang yang berdarah asli Indonesia, justru seringkali mengesampingkan budaya, bahkan ada beberapa orang yang malu, dimana hal tersebut membuat miris. Akan tetapi terlepas dari banyaknya orang yang tak mau mendalami budaya yang kaya ini, masih ada orang yang juga peduli dengan budaya, maka dari itu kita sebagai pewaris masih bisa merasakannya hingga saat ini. berikut kami rangkum kekayan budaya di Indonesia yang telah mendunia, berikut bisa langsung anda simak dalam 7 Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia.

7 Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia

7 Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia
7 Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia

1. Keris

Sebuah benda berbentuk tajam, dan sering kali kita melihat sebuah keris memiliki motif yang begitu khas dan indah. Bahkan menariknya lagi, pada zaman dahulu, keris memiliki jiwa, dimana cara pembutannya hanya di lakukan oleh beberapa orang pintar kala itu (Empu), sehingga dahulu keris memiliki kekuatan besar yang bisa mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu hal yang di inginkan. Seiring berjalannya waktu, keris bukan lagi sebagai alat untuk breperang atau membela diri, tetapi di jadikan sebagai cindera mata. Bahkan pada tahun 2005, keris mencatatkan dirinya sebagai salah satu budaya yang harus tetap di lestarikan.

Batik
Batik

2. Batik

Kain bermotif, yang di saat dahulu dibuat secara manual, atau lebih tepatnya menggunakan canting, serta warna yang dihasilkannya berasal dari bahan organik, dengan motif berbeda setiap daerah menjadi salah satu budaya yang kini begitu mendunia, bahkan dengan mengikuti zaman, batik diterima oleh semua kalangan, mantapnya lagi, untuk motif tertentu, harganya di bandrol hingga puluhan juta rupiah. Tak hanya sampai disitu saja, sekarang pemerintah telah menetapkan bahwa tanggal 2 oktober sebagai hari batik nasional.

Baca Juga :  Kontroversi Situs "nikahsirri.com" Dan Dampaknya Untuk Perempuan Indonesia
Angklung
Angklung

3. Angklung

Meski angklung memiliki umur sangat tua di negri kita ini, atau lebih tepatnya sebagai alat musik khas jawa barat, alunan musik yang di hasilkannya tetap nyaman didengarkan. Dan perlu anda ketahui, di tahun 2010 lalu, alat musik angklung ini telah tercatat di UNESCO menjadi lambang kebudayaan Indonesia.

Gamelan
Gamelan

4. Gamelan

Nah ini dia alat musik yang sering kita ketahui selalu ada pada saat pagelaran wayang, ternyata menjadi salah satu alat musik yang menemani Indonesia sampai akhirnya merdeka, dan hingga kini benda yang dapat mengalirkan musik dengan cara di tabuh tersebut, masuk dalam kebudayaan Indonesia yang telah terdaftar pada UNESCO th 2014.

Noken
Noken

5. Noken

Pastinya anda akan bertanya – tanya mengenai Noken. Benda ini merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang telah di akui Dunia dan tercatat di UNESCO sejak 2014 akhir. Adapun bentuknya adalah sebuah tas, namun di masyarakat papua, tas ini merupakan sebuah simbol bagi wanita yang memakainya, kalau dirinya sudah dewasa dan siap untuk menikah.

Wayang Kulit
Wayang Kulit

6. Wayang Kulit

Seringkali orang menyangka kalau wayang kulit merupakan asli dari jawa tengah, tapi siapa sangka, kalau ternyata wayang kulit berasal dari jawa timur, hanya saja perkembangannya ada di Jateng. Banyak pesan yang di sampaikan melalui sebuah acara wayang. Dahulu wayang kulit dijadikan sebagai salah satu alat penyebaran agama islam, jadi sudah branng tentu kita harus tetap melestarikan kebudayaan Indonesia satu ini, yang telah di akui dunia melalui UNESCO pada bulan November 2003.

Tari Saman
Tari Saman

7. Tari Saman

Kebanyakan orang tidak faham dengan kebudayaan Indonesia yang satu ini. Tari Saman, tari yang bisa di bilang memiliki umur lebih tua dibanding merdekanya Indonesia. Karena di perkirakan tari saman sudah ada sejak 700 tahun lalu, menariknya lagi, sama halnya dengan wayang kulit, tari saman dahulu menjadi alat penyebaran agama Islam melalui pesan moral didalamnya. Dan lagi – lagi kebudayaan Indonesia yang satu ini juga telah masuk daftar UNESCO mulai tahun 2011.

Baca Juga :  8 Benda Teraneh Yang Didapatkan Di Dasar Laut

Jadi kesimpulannya, kita sebagai pewaris haruslah terus melestarikan kebudayaan Indonesia yang kaya ini, agar anak cucu kita tetap dapat menikmati Indahnya Budaya Indonesia yang sudah ada sejak dulu.

Komentar